Polisi Tembak 3 Pencuri 4 Diamankan

Rabu, 4 Jul 2018

JAKARTA (Pos Sore) – Melawan petugas ketika hendak ditangkap tiga pencuri sepeda motor dilumpuhkan dengan timah panas. Sedangkan empat pelaku lainnya diamankan dan satu pelaku masih buron. Para pelaku selama ini beraksi di berbagai wilayah Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

 

Tiga pelaku yang dilumpuhkan yakni Deri Seventin Karisman,21, Yopin Saputra,20 dan  Sapero,26. Mereka yang diamankan, Suripto alias Anton,48, Rudiyansah,35, Rusmono Andi Sucipto,28 dan Riko.

 

Kapolres Tangsel, AKBP Ferdy Irawan, menjelaskan berdasarkan catatan kepolisian, sudah ada beberapa laporan dari para korban yang mengaku kehilangan sepeda motor. Menurutnya, para pelaku umumnya mengincar kendaraan yang di parkir di halaman ketika sepi.

“Sudah ada beberapa laporan dari korbannya, akhirnya satu per satu kita ungkap. Dari pengejaran selama sekitar 20 hari terakhir, 7 pelaku kita ringkus, 3 di antaranya kita beri tindakan tegas terukur karena melawan petugas. Satu pelaku lain yang berperan sebagai joki masih dalam daftar pencarian orang (DPO),” ujar Kapolres di Mapolres Tangsel, Selasa (3/7) kemarin.

Para pelaku kata Kapolres mencuri sepeda motor dari berbagai wilayah di Tangsel seperti, di Kampung Kademangan, RT 04/01, Kademangan, Setu; kemudian di Perumahan Puri Intan, RT 04/07, Pisangan, Ciputat Timur; lalu di Jalan Mujair I, RT 01/ 06, Bambu Apus, Pamulang; Tapos RT 04/02, Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, serta teras Masjid At-Taubah Jalan Cirendeu, Ciputat.

“Mereka melancarkan aksinya pada jenis kendaraan tertentu yang memiliki nilai jual tinggi, hasilnya kebanyakan dilempar ke wilayah Jawa Barat,” tuturnya.

Petugas  menyita sejumlah barang bukti yakni 6 sepeda motor, 2 kunci T, sebilah pisau, surat kendaraan, kunci kontak sepeda motor. Tiga unit sepeda motor yang disita itu akhirnya diserahkan kembali kepada para pemiliknya.

“Para pelaku kita kenakan dengan Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan, ancamannya 7 tahun penjara,” Jelasnya. (marolop)