17.5 C
New York
13/05/2021
Aktual

‘Insya Allah Qurban’, PKPU HI Ajak Masyarakat Mantapkan Hati dan Niat

JAKARTA (Pos Sore)  — Mendekati hari Idul Adha, PKPU Human Initiative kembali meluncurkan program Sebar Qurban Nusantara (SQN) dengan tema ‘Insya Allah Qurban’.

Melalui program ini, PKPU mengajak masyarakat agar segera meniatkan diri dan memantapkan hati untuk berqurban tahun ini.

“Penyaluran Hewan Qurban PKPU HI tahun ini kembali akan menjangkau daerah-daerah terpencil nusantara dan lokasi khusus yang sulit terjangkau seperti pedalaman Papua dan wilayah terluar Pulau Rote,” kata Ketua Panitia Qurban PKPU Human Initiative,  Aan Suherlan, di Jakarta, Selasa (25/7).

Ditambahkan, hewan qurban juga akan disalurkan ke negara yang tengah mengalami krisis pangan seperti Somalia & Kenya, serta untuk korban konflik perang di Suriah, Pattani Thailand, Myanmar & Pengungsi Rohingya di Cox Bazzar Bangladesh.

“Lokasi-lokasi tersebut menjadi konsen kami, demi menjangkau penerima manfaat yang lebih luas dan merata. Kami pastikan daging qurban dapat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat yang sangat membutuhkan,” tegasnya.

PKPU Human Initiative menawarkan beberapa tipe produk qurban yang dikelompokan berdasarkan lokasi penyalurannya dengan harga kompetitif mulai dari Rp 1.595.000.

“Semoga ini dapat membantu masyarakat yang benar-benar ingin berqurban namun terkendala mahalnya harga hewan ternak pada umumnya,” tambah Aan.

Setiap tipe produk hewan qurban berbobot ±23 kg untuk kambing dan sapi ±230 kg dengan tetap memperhatikan standar quality kontrol terhadap kualitas hewan qurban yang sesuai syariat.

Program yang dimulai sejak tahun 2000 ini telah membantu penyaluran hewan qurban masyarakat ke daerah-daerah terpencil dan pedalaman Indonesia, bahkan hingga ke negara tentangga yang tertimpa bencana kekeringan, krisis pangan, dan konflik perang.

Dalam catatan PKPU, pada 2017, PKPU HI telah berhasil menyalurkan hewan qurban sebanyak 19.431. Dalam catatannya pula sebanyak 233.172 keluarga telah merasakan manfaat dari program SQN tersebut.

Presiden PKPU Human Initiative, Agung Notowiguno, mengatakan, di tahun 2018 ini, PKPU HI berkomitmen untuk terus memperluas jangkauan distribusi daging qurban. Pihaknya  akan mengajak 25.669 pequrban dengan 385.035 penerima manfaat.

Dalam program Sebar Qurban Nusantara ini, PKPU Human Initiative juga akan memberdayakan para peternak lokal melalui program Binter-Q (Bina Ternak Qurban) yakni kelompok binaan ternak bagi masyarakat kecil, sehingga dapat memajukan perekonomian daerah. (tety)

Related posts

Mahfud MD dan PKS Damai Soal Polemik Gaji BPIP

Tety Polmasari

BPS Klaim Jumlah Penduduk Miskin 27, 73 Juta Jiwa

Tety Polmasari

18 Tahun PKPU: Solusi Peduli dalam Dunia Kemanusiaan

Tety Polmasari

Leave a Comment