Tumbuhkan Cinta Sains Pelajar SD, PP-IPTEK Gelar Kompetisi Poster ‘My Home In Space’

Sabtu, 1 Sep 2018

JAKARTA (Pos Sore) — Pusat Peragaan IPTEK (PP-IPTEK) Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) mengadakan Kompetisi Poster Sains, Sabtu (1/9), di gedung PP-IPTEK Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta.

Direktur PP-IPTEK Mochammad Syachrial Annas, menjelaskan, Kompetisi Poster Sains adalah lomba pembuatan poster antariksa untuk siswa SD berusia 8 hingga 11 tahun dengan tema My Home in Space (Rumahku di Ruang Angkasa). Kompetisi ini bekerja sama dengan Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (LAPAN) dan Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA).

Dalam Kompetisi Poster Sains tahun ini diikuti sebanyak 148 orang pelajar yang berasal dari 80 sekolah dasar di wilayah Jabodetabek.

“Kompetisi ini berguna untuk meningkatkan kecintaan generasi muda terhadap bidang sains pada umumnya dan kecintaan terhadap alam semesta beserta isinya pada khususnya, serta mewadahi bakat-bakat seni untuk lebih berkreasi dan berprestasi,” terangnya.

Setelah dilakukan penilaian ada enam pelajar yang berhak menjuarai kompetisi ini: Juara I Syafinatun Naja (SDS Muhammad yah 24 Jakarta), Juara II Ajengdilla Anjani (SDN 02 Pondok Labu), Juara III Kalisha Athaya Mahira (SD Pertiwi).

Sementara itu, Harapan I Kennard Dwiandra Putra (SD Santa Ursula BSD), Harapan II Mikhael Cahaya Surya (SDN Cihampar 3 Bogor), dan Harapan III Lintang Dwi Anggoro (SDN Kalisari 02 Pagi).

Hasil karya poster yang dinobatkan sebagai juara I, II, dan III akan dikirim ke ajang APRSAF ke-25 untuk berkompetisi dengan poster-poster hasil karya peserta dari negara lain.

Kegiatan Poster Sains menjadi salah satu kegiatan pada Asia Pacific Regional Space Agency Forum (APRSAF) yang tahun ini akan diselenggarakan di Singapura pada November mendatang.

“Hasil karya poster anak Indonesia selalu menempati posisi Juara Favorit dalam ajang APRSAF Poster Contest yang diselenggarakan di berbagai negara,” ungkapnya.

Kegiatan Kompetisi Poster Sains Antariksa yang digelar PP-IPTEK ini juga bekerjasama dengan beberapa perguruan tinggi, seperti Institut Kesenian Jakarta (IKJ), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), dan Insititut Seni Budaya Indonesia (ISBI).

PP-IPTEK sebagai science center pertama di Indonesia dan salah satu wahana pembelajaran iptek bagi masyarakat, khususnya generasi muda memiliki peran strategis dalam memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia sesuai dengan visi dan misi negara.

Selain kegiatan Kompetisi Poster Sains Antariksa masih banyak lagi peragaan dan program sains yang disajikan oleh PP-IPTEK kepada masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pengetahuan iptek masyarakat. (tety)