JW Marriott Hotel Perkenalkan Sambal Koja Multifungsi

Selasa, 11 Sep 2018

JAKARTA (Pos Sore) — Ada yang baru dari varian sambal yang diperkenalkan oleh Sailendra Restaurant JW Marriott Hotel: Sambal Koja. Sebagaimana namanya, sambal ini menggunakan daun salam koja atau daun kari yang harum atau daun temurui.

Ini adalah produk perdana hasil racikan bumbu khas Indonesia bercita rasa Internasional. Yang diciptakan tidak saja untuk lidah masyarakat Indonesia tetapi juga untuk lidah orang luar negeri baik Eropa, Amerika maupun Timur Tengah.

“Daun kari tersebut didatangkan langsung dari Provinsi Aceh,”ujar Chef Heri Purnama yang meracik sambal tersebut bersama tim kuliner Sailendra, saat memperkenalkan sambal tersebut, pekan lalu.

Chef Heri menyebutkan cabe yang dipilih merupakan cabai rawit yang tidak terlalu muda dan tidak terlalu tua. Ada campuran daun melinjo dan garam. Ditambah dengan minyak sayur dan bawang putih sebagai bahan pengawet.

Selain rasanya pedas, aroma harum daun kari dan rempah menjadi keunikan sambal ini. “Cocok buat sambal cocolan maupun nasi goreng dan membumbui ayam,” tambahnya.

Sambal Koja juga bisa digunakan sebagai bumbu masakan, seperti ayam bakar, telur begana, bubur pedas, nasi goreng kambing, sate ayam, tempe, teri dan kacang. Bisa juga untuk membumbui masakan China, chicken tandoori, pasta dan burger.

Sementara itu, Adeza Hamzah selaku Cluster Director of Marketing Communications dari hotel JW Marriott Jakarta dan The Ritz-Carlton Jakarta, Mega Kuningan, mengatakan, Sambal Koja adalah sambal multifungsi yang bisa digunakan untuk memasak.

“Beberapa resep yang dapat dengan mudah dibuat di rumah yaitu ayam bakar, telur begana, bubur pedas, nasi goreng kambing, sate ayam, serta tempe, teri dan kacang,” ujarnya.

Tim kuliner dari Sailendra Restaurant juga menerbitkan buku resep yang berisi aneka kreasi hidangan khas Indonesia yang menggunakan Sambal Koja.

“Buku tersebut bisa didapatkan secara gratis jika membeli 5 botol Sambal of Sailendra dengan harga per botol Rp. 50.000,” terangnya.

Sambal ini terinspirasi dari suksesnya sajian Sambal of the Month yang selalu berganti setiap bulannya di Sailendra Restaurant. Sambal Koja pun terpilih menjadi Sambal of the Month pada Ramadan silam dan menarik banyak perhatian para tamu yang berbuka puasa. 

Sambal Koja saat ini sudah bisa didapatkan di Sambal Gallery lobi Hotel JW Marriott Jakarta, situs e-commerce terkemuka, atau bisa pesan melalui layanan pesan antar GrabFood. (tety)