Cipta Mortar Utama Resmikan R&D Centre MU-Weber di Indonesia

    Jose Martos, Managing Director Saint-Gobain Indonesia Constuction Product Sector (tengah) didampingi Rofik Hartanto, Direktur R&D dan QC (kedua jiri) serta Young Jae Rho, Direktur Operasional PT Cipta Mortar Utama berfoto bersama setelah Peresmian R&D Centre (Pusat Riset dan Pengembangan), bersalaman usai peresmian.

BEKASI (Pos Sore) — PT Cipta Mortar Utama, meresmikan R&D Centre (Pusat Riset dan Pengembangan) di Kawasan Industri MM2100 Cibitung, Bekasi. R&D Centre ini dimaksudkan untuk menunjang perencanaan strategi dan pengembangan produk agar dapat memberi nilai tambah pada formulasi rangkaian produk MU-Weber di Indonesia.

Bangunan yang berdiri di kawasan Pabrik MU-Weber ini menempati lahan seluas kurang lebih 400m2. Dilengkapi dengan fasilitas mutakhir yang akan mendukung riset dan pengembangan produk-produk PT Cipta Mortar Utama.

Peresmian fasilitas R&D Centre ini dilakukan oleh Jose Martos, Managing Director Saint-Gobain Indonesia Construction Product Sector, didampingi Rofik Hartanto, Direktur R&D dan QC serta Young Jae Rho, Direktur Operasional PT Cipta Mortar Utama.

“Ini bukti keseriusan Saint-Gobain untuk terus mendukung industri bahan bangunan yang inovatif di Indonesia,” kata Direktur R&D dan QC, Rofik Hartanto, Selasa (18/9), usai peresmian.

Ia mengatakan, salah satu sasaran yang ingin dicapai dengan adanya R & D Centre MU-Weber ini adalah untuk mendorong potensi material lokal untuk dapat diadaptasi dalam formula masing-masing produk. Adaptasi material lokal berpotensi besar menghasilkan kualitas produk yang tetap setara di semua pabrik MU-Weber.

“Melalui strategi ini, diharapkan cost benefit juga dapat dicapai. R&D Centre ini, akan dapat menjadi contoh terbaik bagi penelitian-penelitian menyangkut pengembangan mortar instan. Kita akan terus berinovasi dengan memaksimalkan penggunaan material lokal dan pengembangan produk yang relevan untuk pasar Indonesia dengan kualitas terbaik,” jelas Rofik.

Dalam sambutannya, Managing Director Saint-Gobain Indonesia Construction Product Sector, Jose Martos mengatakan, sebagai anak perusahaan Saint-Gobain, perusahaan asal Perancis yang telah berdiri lebih dari 350 tahun ini, PT Cipta Mortar Utama siap mendukung industri konstruksi, pembangunan infrastruktur dan memperbaiki kualitas kehidupan masyarakat Indonesia dengan menyediakan mortar instan bermutu terbaik.

Untuk menghasilkan produk-produk terbaik, R&D Centre MU-Weber mendapatkan dukungan penuh dari Weber International dalam berbagai aspek. Dukungan mencakup pengembangan sumberdaya manusia, pengetahuan produk, material terbaru, dan penyediaan alat-alat laboratorium yang memenuhi standar internasional dalam industri mortar.

“Pembangunan R&D Centre ini akan menjadi centre of excellent dalam industri mortar instan di Indonesia. Pembangunan fasilitas riset dan pengembangan yang mutakhir ini,” katanya.

Dikatakan, ini juga menjadi salah satu komitmen Saint-Gobain untuk berinvestasi di Indonesia dan bertujuan untuk mengembangkan produksi mortar yang disesuaikan dengan pasar Indonesia, dengan menggunakan material lokal, dan tentunya untuk mendukung pembangunan di Indonesia.

R&D Centre ini terdiri dari empat bagian, yaitu Conditioning Room yang berfungsi untuk pengujian produk dalam kondisi ideal dan terkontrol. Main Laboratory Room, ruangan yang berguna untuk melakukan pengetesan terhadap rangkaian produk MU-Weber.

Selain itu, tersedia Application Test Area yang digunakan untuk melakukan simulasi aplikasi produk untuk pengujian dalam segala kondisi (baik luar ruangan maupun dalam ruangan). Ada juga Small Mock-Up Room sebagai tempat pembuatan sampel aplikasi yang dipakai untuk kebutuhan promosi.

Teknologi yang digunakan pada R&D Centre ini di antaranya adalah peralatan untuk pengetesan performa produk perekat keramik dan pengisi nat keramik sesuai standar internasional, peralatan untuk produk solusi dinding dan simulasi aplikasi produk, serta produk perata lantai dan simulasi aplikasi produk.

MU-Weber adalah Mortar Instan yang berbahan dasar pasir, semen, filler (bahan pengisi) dan aditif (bahan tambahan yang tercampur secara homogen dengan komposisi tepat dan diproses menggunakan teknologi modern) yang berfungsi untuk solusi pekerjaan lebih spesifik, mulai dari solusi dinding, solusi perekat keramik, solusi lantai serta solusi khusus dan perbaikan.

Keunggulan lainnya selain praktis, efisien, serta berteknologi terdepan di bidangnya, menggunakan MU-Weber juga dapat meningkatkan produktivitas kerja, dan menciptakan kualitas bangunan menjadi lebih baik, anggaran terkontrol, dan lingkungan di sekitar pembangunan lebih ramah lingkungan.

Dengan diresmikannya R&D Centre MU-Weber ini, PT Cipta Mortar Utama berharap dapat menjadi bagian penting dalam pengembangan MU-Weber sebagai pemimpin industri mortar instan di Indonesia. (tety)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share this product!