YPBSU Serahkan Arsip Statisnya ke ANRI

JAKARTA (Pos Sore) — Yayasan Pembangunan Berkelanjutan Sulawesi Utara (YPBSU) menyerahkan arsip statisnya kepada Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). Penyerahan arsip statis dilaksanakan oleh Ketua YPBSU Sugihartatmo kepada Kepala ANRI Mustari Irawan di Kantor ANRI, Jakarta Selatan, Rabu (19/9).

Arsip statis yang diserahkan antara lain meliputi Perjanjian niat baik (Goodwill Agreement) antara PT. Newmont Minahasa Raya dengen Kementerian Koordinator Kesejahteraan Rakyat Pemerintah Republik Indonesia.

Selain itu, arsip kesepakatan sementara keluhan warga Teluk Buyat mengenai pencemaran air tanah dan kesehatan warga yang dimediasi oleh KomnasHAM. Ada juga arsip Kajian Exit Strategy YPBSU oleh Tim Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UGM.

Arsip lainnya, yaitu MoU dan BAST dengan Bupati Bolaang Mongondow Timur, Bupati Minahasa Tenggara, dan Pusat Inovasi untuk sumber daya wilayah dan pembangunan masyarakat madani (i-Cresent).

Ada juga arsip video kegiatan pemantauan Teluk Buyat, dan Laporan pemantauan lingkungan Teluk Buyat mengenai ekologi kelautan sub topik sedimen dan kandungan logam dalam ikan oleh Lembaga Penelitian Universitas Sam Ratulangi Manado

Ketua YPBSU Sugihartatmo berharap arsip statis yang diserahkan dapat bermanfaat sebagai sumber referensi informasi bagi publik.

Diharapkan, dokumen-dokumen atau arsip hasil program Pemberdayaan Masyarakat dan program Pemantauan Lingkungan di perairan Teluk Buyat akan menjadi informasi dan data yang sangat berharga bagi kita semua.

“Serta akan menjadi catatan sejarah bagi kegiatan pertambangan di Sulawesi Utara dan upaya- upaya untuk melestarikan lingkungan di wilayah eks tambang tersebut,” terang Sugihartatmo.

Kepala ANRI Mustari Irawan sangat mengapresiasi kegiatan penyerahan arsip statis YPBSU ini. ANRI pun menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada YPBSU atas perhatian dan kepedulian untuk menyelamatkan dan melestarikan arsip yang bernilaiguna ini.

Penyerahan arsip statis merupakan amanatkan Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan dan Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 2012 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan serta Peraturan Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2012 tentang Pedoman Penyerahan Arsip Statis bagi Organisasi Masyarakat, Organisasi Politik dan Perseorangan. (tety)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share this product!