Pembobol Spesialis Brankas Diamankan Polisi

JAKARTA (Pos Sore) – Dua pembobol spesialis brankas di toko furnitur, Jakatinegara, Jakarta Timur diamankan anggota Sub Direktorat Reserse Mobile (Subdit Resmob) Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, kemarin.

Kedua tersangka berinsial D,34 dan AY,35. Mereka membawa kabur uang Rp 455 juta dan 700 dolar Australia dari toko furnitur. Pelaku juga mengambil uang sebesar Rp 2,8 juta dari dompet yang ditemukan di lokasi.

“Mereka memang spesialis bobol brangkas,” ujar Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Raden Prabowo Argo Yuwono di kantornya, kemarin.

Aksi kedua pelaku, 9 Oktober 2018. Pemilik toko, Albert Afendy mengetahui brankasnya dibobol esok harinya setelah anak buahnya Sumsidi disuruh membuka tokonya.
Sumsidi mendapati kondisi di dalam toko sudah berantakan. Pintu kamar lantai tiga tempat brankas rusak dan isinya raib.

Dari pemeriksaan, penyidik mengetahui bahwa tersangka D lah yang bertugas membobol brankas. D disebut menggunakan bor dan mencongkelnya dengan sebatang kayu yang sudah dimodifikasi serta linggis.

Sedang AY, mengawasi di depan toko.“Mereka butuh waktu dua jam untuk membobol brankas itu,” ungkapnya.

Dikatakannya, kedua tersangka ditangkap di tempat dan waktu berbeda. Polisi menangkap D pada Jumat dini hari, 19 Oktober 2018, di Senen, Jakarta Pusat, sementara AY keesokan harinya di Tanjung Morawa, Deli Serdang, Sumatera Utara.

Pengakuan pelaku, uang isi brankas dipakai membayar utang dan biaya kehidupan sehari-hari hingga tersisa Rp 190 juta saja. Atas perbuatannya keduanya dijerat Pasal 363 Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP) tentang pencurian dengan pemberatan. Ancaman hukumannya maksimal penjara selama tujuh tahun. (marolop).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share this product!