62 Pengendara Melanggar Ditilang Elektronik

Kamis, 8 Nov 2018

JAKARTA (Pos Sore) – Selama sepekan diterapkan tilang elektronik di sepanjang Jalan Sudirman- Thamrin, Jakarta Pusat, 62 pengendara melanggar rambu-rambu lalulintas ditilang.
Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusuf menjelaskan, sudah satu pekan penerapan tilang elektronik diberlakukan di Jakarta ini, selama itu pula banyak pengendara yang melanggar. Namun, baru 62 pelanggar yang diberikan surat tilang.

“Jadi sudah 62 (surat tilang elektronik atau ETLE) yang dikirim, satu sudah konfirmasi,” ucapnya di Jakarta, Kamis (8/11).

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Raden Prabowo Argo Yuwono menerangkan, ada 500 pengendara yang melakukan pelanggaran, rata-rata pelanggar berasal dari luar Jakarta. Selain itu, masih ada pula pelanggar yang belum terbaca CCTV karena pelat nomornya tertutupi kendaraan lainnya.

“500 itu kan ada yang tak terbaca dan ada sebagian dari pelat luar Jakarta. Memang kendala itu masih ada ya, misal masalah pengiriman surat tilang juga, tapi semua akan kita eliminir kendala-kendala itu,” ungkapnya.

Ditambahkannya, polisi terus melakukan evaluasi terkait tilang elektronik, termasuk evaluasi untuk kerja sama lintas Polda lainnya sehingga ada komunikasi tentang tilang elektronik tersebut.

Polisi mengimbau masyarakat, jika membeli atau menjual kendaraannya agar segera diganti nama lantaran surat tilang elektronik bakal dikirimkan ke alamat yang tertera di STNK.

“Kalau sudah dijual bisa diberitahukan pada kepolisian saat membayar pajak atau sebaiknya balik nama saja,” tegasnya. (marolop)