21.6 C
New York
18/09/2021
Aktual Memorie

Mahfud MD Ungkap Kelemahan Gus Dur

Apa dan bagaimana Gus Dur, harus diakui beliau adalah salah satu tokoh kontroversial yang banyak mewarnai sejarah perjalanan bangsa ini. Dia dipilih jadi presiden, kemudian dikeroyok dan dijatuhkan. Tapi kejatuhannya dari kursi RI-Satu bukannya menenggelamkan namanya. Berikut cuitan Mahfud MD melalui akun twitternya.

Possore.com — Saat jaksa agung Baharuddin Lopa wafat, Gus Dur mencari pengganti. Gus Dur meminta saya jadi Jaksa Agung tapi saya menolak. Saya mengusulkan Artidjo atau Wakajagung Dr. Soeparman. Wimar Witoelar mengusulkan Marsillam Simanjuntak. “Marsillam saja, selama hidupnya dia berjuang melawan korupsi,” kata Wimar.

Kemudian dilakukanlah reshuffle kabinet. Marsillam jadi jaksa agung dan saya menjadi Menteri Kehakiman-HAM dengan tugas, “Pak Mahfud benahilah isi aturan-aturan hukum yg tumpang tindih, Marsillam tegakkanlah aturan-aturan hukum, tindak tegas para pelaku korupsi”. Demikian penegasan Gus Dur.Sejak itu saya merangkap Menhan & Menkeh-HAM.

Gus Dur berprinsip teguh menegakkan konstitusi. Menjelang kejatuhannya karena keroyokan politik, Marsillam menyarankan agar mengalah dulu. “Sebagai sahabat saya sarankan itu, Mas”, kata Marsillam.

“Jangankan cuma sahabat, keluarga saja tak bisa memaksa saya melanggar konstitusi” jawab Gus Dur.

Menlu Alwi Shihab yang juga sahabat Gus Dur pernah menyarankan agar Gus Dur tidak terlalu keras menyikapi para koruptor. “Korupsi harus diberantas tapi caranya harus lebihg soft”, saran Alwi.

“Alwi, ente urus saja yang baik-baik agar menjadi lebih baik. Koruptor biar saya yang hadapi”, kata Gus Dur ketika itu.

Harus sy akui kimia kegalakan Gus Dur dan Rizal Ramli terhadap korupsi sama kerasnya, “Koruptor jgn diberi hati, sikat”.

Tapi terkadang mereka kurang memperhatikan mekanisme hukum yg rumit, “pokoknya sikat”.

Saya sendiri ada di bagian memberi saran dalam “ke-hati-hatian memproses hukum” tapi dgn tetap tegas. Tentu saja sebagai manusia Gus Dur punya kelemahan, misalnya, terlalu cepat marah kepada orag yang dilaporkan melakukan korupsi, sebelum benar-benar didalami. Tetapi kelemahan-kelemahan itu jadi sirna di tengah jibunan kebaikan dan integritasnya sebagai pemimpin bangsa.

Sdh sembilan tahun Gus Dur wafat. Saya merindukannya. Allahummagh fir liraisinaa wa ustaadzinaa wa akhiinaa, Abdurrahman Wahid. Warhamhu, wa a’fihi wa’fu anhu.

Gus, beristirahatlah dengan nyaman di sana. Saya sering menulis tentangmu dan tentang arahan-arahanmu. Tapi saya tahu harus kemana saya datang untuk memperlihatkan tulisan-tulisan saya itu kepadamu. TABIK, Gus.(Bagian akhir dari dua tulisan)

Related posts

Mike Pence: AS Bangga Jadi Mitra Indonesia

Tety Polmasari

Provinsi Aceh Tuan Rumah PENAS XV Petani dan Nelayan 2017

Tety Polmasari

The most up-to-date Steel Information Reviews Supply by china manufacturer

Tety Polmasari

Leave a Comment