21.6 C
New York
18/09/2021
Aktual

Mentan Pastikan Tidak Ada Gejolak Harga Selama Ramadan


(foto: istimewa)

JAKARTA (Pos Sore) —  Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman memastikan tidak ada gejolak harga di bulan Ramadan ini. Amran mengklaim harga komoditas pangan strategis stabil, bahkan ada yang agak rendah.

Memang harga bawang putih sempat bergejolak mencapai Rp100 ribu per kilogram di sejumlah daerah. Namun saat kunjungan kerja di Jawa Timur beberapa waktu lalu, harganya sudah turun menjadi Rp 19.000 per kg, padahal ditargetkan Rp 25 ribu per kg.

“Sebelum lebaran dan sesudah lebaran bisa kami pastikan aman. Kenapa? Karena harga beras turun, harga cabai turun, kasihan petani, kami minta bulog menyerap dan kami koordinasi Pak Buwas dan alhamdulillah mereka sudah serap cabai harga Rp8.000 per kikogram yang sebelumnya Rp5.000 di pasar,” kata Amran Sulaiman.

Ia mengungkapkan hal itu dalam acara buka puasa keluarga besar Kementerian Pertanian di Auditorium Kementerian Pertanian, Senin (27/5). Hadir pula pengurus Himpunan Kerukunan Tani Indonesia, Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI), serta Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan.

Amran menyatakan terima kasih kepada pelaku usaha dan petani dan peternak se-Indonesia yang membantu menstabilkan harga-harga di pasaran. 

“Ini kerja keras kita semua dan tidak lupa ini berkat kita semua. Kami bangga dengan petani-peternak Indonesia karena mereka pahlawan pangan di mana pangan kita sangat stabil,” ungkapnya.

Amran menyatakan, selama ini inflasi bahan pangan berhasil ditekan dari 10,57 persen pada 2014 menjadi 1,26 persen di 2017.  Capaian lainnya ekspor komoditas pertanian hingga saat ini melonjak 26 persen, nilainya Rp1.700 triliun.

“Begitu PDB sektor pertanian naik 47 persen, total akumulasi nilainya Rp1.375 triliun atau separuh dari APBN. Ini kerja keras kita semua. Harus dipertahankan dan harus ditingkatkan,” kata dia. (tety)

Related posts

Universitas Trilogi Kembangkan Ekonomi Biru

Tety Polmasari

BTN Optimis Pasca Pilpres bisnis pembiayaan perumahan akan tumbuh lebih baik

bambang tri

Korea Kembangkan Produk KUKM di Kulon Progo

Tety Polmasari

Leave a Comment