Peringatan Puncak Harkopnas ke – 72 di Banyumas akan Dihadiri Presiden Jokowi

JAKARTA (Pos Sore) — Presiden Joko Widodo rencananya akan menghadiri peringatan puncak acara Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke – 72 di Gor Satria Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jumat (12/7).

Ini adalah tahun keempat Presiden Jokowi menghadiri puncak Harkopnas. Dalam tiga
terakhir, Presiden Jokowi selalu hadir dalam acara puncak peringatan Harkopnas,
yaitu di Jambi tahun 2016, di Makassar tahun 2017, dan di Banten tahun 2018.

Selain berpidato, Presiden juga menyematkan Tanda Kehormatan Satya Lencana Pembangunan dan Satya Lencana Wirakarya kepada pejabat dan tokoh yang
berjasa dalam pembangunan.

Sebelumnya, Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga akan menyerahkan Penghargaan Bhakti Koperasi, Koperasi
Berprestasi, dan Penyerahan Kredit Usaha Rakyat.

Peringatan Harkopnas tahun ini mengusung tema ‘Reformasi Total Koperasi di Era Industri 4.0’, yang diperkirakan akan dihadiri sekitar 20.000 masyarakat koperasi dan stakeholders koperasi dari seluruh Indonesia.

Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Prof Dr Rully Indrawan mengatakan, peringatan Hari Koperasi 2019 dirayakan secara agak berbeda. Untuk pertama
kali, puncak peringatan Harkopnas digelar di Ibu Kota Kabupaten, yaitu Kota Purwokerto, Ibu Kota Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Selama ini, puncak peringatan Harkopnas selalu diselenggarakan di Ibu Kota Propinsi. Selain terobosan baru memilih Kota Kabupaten, kegiatan Harkopnas 2019 juga bervariasi dan berlangsung dalam periode cukup lama, 8 bulan, yaitu dari
Maret hingga Oktober 2019.

“Perayaan puncak Harkopnas 2019 juga sangat kental dengan warna milenial serta bernuansa budaya dan kearifan lokal,” katanya, di Jakarta, Senin (24/6).

Ketua Harkopnas 2019, Pahlevi Pangerang, menambahkan, Dekopin dan Pemerintah (Kemenkop dan UKM) selalu berupaya agar Hari Koperasi yang dirayakan setiap tahun menjadi wadah konsolidasi segenap
stakeholders gerakan koperasi nasional.

“Lebih dari itu, Harkop merupakan
momentum tahunan sebagai upaya secara terus-menerus mempromosikan
koperasi sebagai sistem ekonomi berkeadilan yang menyejahterakan,” ujarnya.

Dalam puncak perayaan Harkopnas tersebut, akan ditandai dengan pemukulan kentongan oleh presiden. Presiden beserta Ibu Iriana Jokowi juga akan menyaksikan pagelaran budaya Grebeg Gunungan Koperasi.

Pertunjukan budaya lokal ini akan diawali karnaval gunungan produk unggulan koperasi dan UKM dari setiap daerah di Jawa Tengah yang diiringi berbagai keunikan pakaian dan tarian daerah.

“Berawal dari alun-alun Kota Purwokerto, karnaval itu akan berakhir di GOR
Satria, arena puncak perayaan. Saat puncak Grebeg Gunungan di GOR itulah,
rencananya Bapak Presiden akan membagikan secara simbolis produk unggulan,” tambahnya.

Sebagai rangkaian acara Harkopnas ini juga akan digelar gerak jalan sejuta Koperasi. Kegiatan massal ini digelar di sejumlah kota di Indonesia baik yang difasilitasi panitia maupun swadaya masing-masing daerah tingkat propinsi maupun kabupaten/kota.

Selain itu, juga akan diadakan Jambore koperasi milineal 4.0. Jambore yanh mengambil tema “Koperasi Milenial Kolaborasi Inovatif” ini yang digelar pada 10 juli hingga 12 juli 2019 di Bumi Perkemahan Baturaden Purwokerto.

Acara juga akan diisi dengan renungan suci yang berlangsung di tugu koperasi Tasikmalaya dan ziarah ke makam Bung Hatta di Jakarta. Renungan suci di Tasikmalaya diadakan pada Jumat tengah malam menjelang 12 Juli 2019. (tety)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share this product!