17.1 C
New York
20/09/2020
Aktual

Siloam Hospitals Kebon Jeruk Tingkatkan Layanan Secara Komprehensif di Masa Pandemi Covid-19

JAKARTA (Pos Sore) — Sebagai salah satu rumah sakit yang mengedepankan pelayanan komprehensif dari berbagai tim multidisiplin, Siloam Hopitals Kebon Jeruk menyadari akan pentingnya upaya strategis untuk mengedepankan keselamatan pasien dan staf dalam masa Pandemi Covid-19.

Ketika wabah covid- 19 dinyatakan sebagai pandemi sejak Maret 2020,
SHKJ menyikapi dengan melakukan berbagai upaya antisipatif, yaitu melakukan screening dan pengaturan akses masuk pasien maupun pengunjung ke dalam rumah sakit dan memberlakukan pemisahan area perawatan & tenaga medis bagi pasien yang bergejala.

Beberapa kebijakan juga dilakukan untuk seluruh staf antaranya, pemeriksaan Rapid Test & Swab PCR berkala, pemberian vitamin, serta melakukan ‘Work From Home’ bagi sebagian staf yang memungkinkan.

Guna memenuhi kebutuhan pasien, beberapa inovasi dilakukan di antaranya konsultasi online melalui aplikasi Aido Health, layanan Drive Thru untuk pemeriksaan laboratorium, vaksinasi, farmasi dan rapid test, serta layanan Home Care, yaitu dengan mengunjungi pasien langsung ke alamat yang diminta.

“Kami menyadari pandemi Covid-19 memiliki periode waktu dan diperlukan konsistensi guna mengantisipasi hal tersebut. Melalui penerapan konsep Clean & Safe Hospital, pasien akan merasa lebih aman dan nyaman ketika memenuhi kebutuhan kesehatannya saat di Siloam Hospitals Kebon Jeruk,” tutur Direktur Siloam Hospitals Kebon Jeruk, dr. Agus Tanjung, Selasa (5/8/2020).

Clean & Safe Hospital merupakan upaya agar penanganan pasien Covid tidak memberikan dampak yang tidak diinginkan terhadap pasien non Covid, karena disadari permasalahan kesehatan selain Covid juga masih harus mendapat perhatian dan penanganan.

Sebagai catatan, Siloam Hospitals Group turut mendukung kinerja pemerintah dalam penanganan Covid-19 dengan menyediakan sejumlah rumah sakit khusus Covid-19 Siloam, yaitu Siloam Hospitals Mampang di Jakarta Selatan, Siloam Hospitals Kelapa Dua di Tangerang, Siloam Hospitals Paal Dua di Manado, dan Siloam Hospitals Ambon di Maluku.

“Adanya rumah sakit khusus tersebut, menunjukkan kepedulian kami dari Siloam agar pasien non Covid tidak perlu khawatir saat dilayani di unit rumah sakit Siloam lainnya. Kami pun secara konsisten melalukan upaya rujukan apabila ditemukan pasien bergejala terpapar Covid-19 ketika diketahui berada di Siloam Hospitals Kebon Jeruk,” dr. Agus Tanjung menambahkan.

Di kesempatan terpisah, Wakil Ketua Umum PB Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Adib Khumaidi mengatakan, salah satu rumah sakit swasta yang berhasil melakukan reformasi dengan inovasi faskes adalah Siloam Hospitals. Rumah sakit ini berhasil memadukan sistem faskes dengan platform mandiri, sehingga rekam medis pasien tetap bisa terekam dalam faskes yang terhubung langsung ke rumah sakit.

“Pelayanan Siloam Hospitals Group dalam kesehatan unggulan saya apresiasi. Mereka mampu menunjukkan eksistensinya dan begitu cepat mengambil langkah antisipasi agar pasien lainnya tidak terpapar Covid-19. Saya mengapresiasi sejumlah hal tersebut,” tutur Adib Khumaidi.

Siloam Hospitals Kebon Jeruk sendiri dilengkapi dengan berbagai macam pelayanan klinis yang komprehensif dan memiliki beberapa pusat unggulan seperti ortopedi, jantung, Unit Gawat Darurat (UGD), pencernaan, urologi, anak, dan saraf. (tety)

Related posts

Sophia Mueller Berikrar Muslimah

Tety Polmasari

Bioskop Amerika Putar Film “Jinn”

Tety Polmasari

A few Ways To Accomplish Financial Freedom Via the internet

Tety Polmasari

Leave a Comment