22.3 C
New York
14/06/2021
Aktual Kesra Nasional Pendidikan

Membanggakan, Politeknik Negeri Media Kreatif Raih Akreditasi Baik Sekali

JAKARTA (Pos Sore) — Politeknik Negeri Media Kreatif (Polimedia) Jakarta meraih sertifikat “Akreditasi Baik Sekali” dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) setelah melakukan visitasi secara daring dan audit ketat.

Diraihnya sertifikat ini menjadi moment bersejarah bagi Polimedia mengingat selama 12 tahun berdiri, ini pertama kalinya mendapatkan sertifikat akreditasi. Atas pencapaian ini, Direktur Polimedia, Dr. Purnomo Ananto, MM jelas bersyukur mendapatkan pengakuan dari BAN PT.

Selama 12 tahun lebih Polimedia terus meningkatkan kualitas pendidikannya, mulai dari perkuliahan, sarana prasarana, hingga fasilitas pendukung lainnya, sehingga dapat mewujudkan perguruan tinggi vokasi yang menguatkan Indonesia, tidaklah sia-sia.

Sebagai PTN yang baru berusia 12 tahun, ini menjadi pencapaian yang luar biasa. Terlebih, jika dibandingkan dengan perguruan tinggi lain yang membutuhkam waktu sekitar lebih dari 20 tahun, bahkan 30 tahun, maka apa yang dicapai Polimedia patut diapresiasi.

“Kami mengapresiasi dan berterima kasih atas kerja keras sivitas akademika beserta lulusan Polimedia yang telah mendukung proses penilaian Akreditasi tersebut. Ini suatu prestasi yang membanggakan. Ini menjadi awal menuju perubahan yang lebih baik. Semoga ini menjadi motivasi bagi kita semua,” kata Purnomo kepada wartawan secara daring, Kamis (18/3/2021).

Turut hadir dalam kesempatan ini, yaitu Wakil Direktur Bidang Umum dan Keuangan Nasrudin, Wakil Direktur Bidang Kemahasiswaan Dayu Sri Herti, Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) Dr. Tipri Rose Kartika, serta Kepala Bagian Humas Freddy Jacob.

Purnomo menambahkan, pencapaian akreditasi ini juga didukung dengan adanya prestasi yang dihasilkan oleh dosen dan mahasiswa dari tingkat nasional hingga Internasional. Selain itu, Polimedia memiliki output yang sudah dipatenkan dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat, seperti virtual lab kewirausahaan yang pada 2020 telah mendapat paten dan disahkan oleh Kementerian Hukum dan HAM.

“Saya berterima kasih pula atas prestasi dan inovasi yang telah diberikan kepada Polimedia. Dengan adanya akreditasi ini memudahkan langkah Polimedia ke depan untuk lebih baik. Ke depan, Polimedia akan terus meningkatkan kualitasnya, sehingga memiliki lulusan yang menguatkan Indonesia” jelas Purnomo.

Purnomo menilai, dengan adanya sertifikasi akreditasi ini menunjukkan tingkat kepercayaan dan pengakuan masyarakat terhadap Polimedia cukup tinggi. Juga membuktikan lulusan Polimedia sekitar 80-90 persen, bahkan ada program studi yang 100 persen tertampung di dunia usaha dan dunia industri (DUDI).

Itu artinya, menunjukkan kepercayaan pengusaha terhadap kualitas lulusan Polimedia sehingga banyak pengusaha yang ingin bekerjasama dengan Polimedia.

“Sisanya lagi sebagian melanjutkan ke pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi lagi, dan sebagian berwirausaha atau membuka usaha sendiri,” tuturnya.

Dengan adanya sertifikasi akreditasi ini, semakin menunjukkan komitmen Polimedia untuk mencetak lulusan yang terampil di bidang keilmuannya, berprestasi, juga berkarakter yang baik yang berlandaskan ideologi Pancasila.

Salah satunya, dengan tidak melakukan plagiasi atas karya-karyanya. Dengan kata lain, harus orisinil. Terlebih kurikulum di Polimedia 60-70 persen harus praktik. Hal ini juga didukung 40 persen dosen di Polimedia berlatar belakang praktisi. Sehingga implementasi industri bukan lagi hal yang sulit diajarkan di kampus.

“Hasilnya, sejumlah karya mahasiswa Polimedia pun menorehkan prestasi dan penghargaan dari luar,” katanya seraya menambahkan, ke depan, hasil penelitian mahasiswa selain berupa jurnal ilmiah, juga akan lebih diarahkan ke bentuk produk. Begitu pula dalam hal pengabdian masyarakat.

Dengan sejumlah pencapaian ini diharapkan dalam dua tahun ke depan, Polimedia dapat meningkatkan akreditasinya menjadi A. Sehingga akan semakin memudahkan Polimedia menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi luar negeri.

Penerimaan Mahasiswa Baru

Direktur Polimedia, Dr. Purnomo Ananto, MM

Di sisi lain, Purnomo menyampaikan, pada tahun ini, Polimedia membuka pendaftaran mahasiswa baru di jenjang Sarjana Terapan/D4 melalui LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi) dan D3 yang melalui FDPNI (Forum Direktur Politeknik Negeri Indonesia).

“Tahun ini tersedia lebih dari 2.000 kursi mahasiswa baru untuk kedua jenjang tersebut, termasuk untuk Kampus Jakarta, PSDKU Medan, dan PSDKU Makassar,” jelasnya.

Kampus yang dijuluki Kampus Kreatif ini memiliki program studi kekinian, dengan industri kreatif menjadi sasaran utamanya. Prodi yang ada di Polimedia tidak hanya menciptakan lulusan yang terampil di bidang industri kreatif, namun juga menjadi wirausaha di dunia ekonomi kreatif itu sendiri.

“Polimedia memiliki prodi yang pas untuk kalangan milenial, berbasis industri kreatif, sehingga lulusannya pun terampil untuk pekerjaan masa depan” kata Purnomo.

Saat ini Polimedia sedang memproses alih jenjang D3 menjadi Sarjana Terapan atau D4 sehingga dapat meningkatkan kualitas lulusan lebih baik dan naik level.

Untuk Sarjana Terapan, Polimedia memiliki Prodi Animasi, Desain Mode, Teknologi Rekayasa Multimedia, Teknologi Permainan dan Pengelolaan Perhotelan. Untuk jenjang D4 ini bisa mendaftar melalui LTMPT yakni SNMPTN dan SBMPTN. Saat ini pendaftaran SNMPTN telah usai, namun untuk SBMPTN baru dibuka sejak 15 Maret 2021 hingga 1 April 2021.

Sedangkan untuk jenjang D3 terdapat Prodi Teknik Grafika, Teknik Kemasan, Teknik Pemeliharaan Mesin, Desain Grafis, Penerbitan, Penyiaran, Periklanan, Fotografi, dan Seni Kuliner. Untuk Polimedia Kampus Medan dan Makassar juga memiliki jenjang D3, di antaranya Prodi Teknik Grafika, Desain Grafis, Multimedia, Penerbitan, dan Periklanan.

Untuk jenjang ahli madya tersebut dapat mendaftarkannya melalui SNMPN dan SBMPN. Saat ini jalur SNMPN akan segera berakhir, namun untuk SBMPN akan segera dibuka, yakni direncanakan pada tanggal 10 Mei 2021 sampai 10 Juni 2021. (tety)

Related posts

25 Evidence That it is The perfect time to Change Your business site

Tety Polmasari

Dalam Sidang Paripurna DPR Setya Novanto Minta Maaf

Tety Polmasari

Wajib Mencetak Generasi Anak Shaleh

Tety Polmasari

Leave a Comment