21 C
New York
13/06/2021
Aktual

Usai Pulang Kampung, Giwo Rubianto: PRT ​Wajib Swab Antigen Sebelum Kembali Bekerja

JAKARTA (Pos Sore) — Ketua Umum Kongres Wanita Indonesia (Kowani) Giwo Rubianto Wiyogo, mengatakan potensi kenaikan kasus positif pada dua pekan setelah libur Lebaran 2021. Penularan kasus Covid-19 pun terus terjadi pasca mudik atau pulang kampung.

“Pasca lebaran hati-hati. Betul-betul kita harus waspada karena ada potensi jumlah kasus baru Covid-19,” kata Giwo. Apa yang disampaikannya ini berdasarkan temuan terhadap Pekerja Rumah Tangga (PRT) yang bekerja padanya.

Giwo menuturkan ketika 4 PRT kembali usai pulang kampung selama sepekan, ternyata ada PRT yang positif setelah dilakukan swab antigen.

Giwo sendiri cukup ketat menerapkan protokol kesehatan Covid-19 kepada PRT. Sebelum mereka kembali bekerja di rumah Giwo, mereka harus diswab antigen dan karantina terlebih dulu.

“Begitu mereka tiba kembali di rumah saya, sebelum mereka dikarantina harus langsung diswab test antigen yang pada saat itu terlihat positif atau tidaknya Covid 19,” kata Giwo, di Jakarta, kemarin.

Hari itu, katanya ada 4 PRT yang kembali dari kampungnya. Ternyata 3 positif dan 1 negatif. Jadi langsung PCR test dan isolasi mandiri.


Ia pun bersyukur dengan test ini potensi terjadinya penularan Covid-19 di lingkungan rumahnya bisa dicegah. Tidak terbayang jika para ART langsung masuk ke rumah tanpa swab antigen.

“Jadi mohon perhatian kepada semuanya yang mempunyai asisten pulang kampung jangan sampai kontak dulu dengan kita sebelum mereka PCR test atau antigen swab. Ini bukan menghalang-halangi, tapi demi kebaikan dan keselamatan bersama,” tegasnya.

Kalau pun hasilnya negatif, lanjut Giwo, wajib periksa lagi setelah 5 hari untuk memastikan yang bersangkutan benar-benar negatif. Protokol kesehatan ini harus menjadi perhatian semua pihak demi kebaikan bersama.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sendiri meminta masyarakat untuk mewaspadai adanya lonjakan kasus Covid-19 dari klaster libur lebaran yang diakibatkan warga yang pulang kampung.

Dia memperkirakan sebanyak 1,5 juta masih nekat untuk pulang ke kampung halamannya meskipun adanya larangan mudik pada 6-17 Mei 2021.

Pemerintah sendiri sudah menginstruksikan kepada setiap warga yang usai pulang kampung untuk melakukan test swab antigen di puskesmas atau di posko yang sudah ditentukan. Test ini gratis alias tidak dipungut biaya.

Test ini perlu dilakukan untuk mencegah terjadinya penularan Covid-19. Jika hasilnya positif, warga harus diisolasi di tempat yang sudah ditentukan. (tety)

Related posts

1000 Cap Telapak Tangan Wanita Pejuang Disimpan di Museum Joang 45

Tety Polmasari

How to begin A Home Based Affiliate Organization On The Net

Tety Polmasari

Australian Independent School Peringati Ulang Tahun ke-20

Tety Polmasari

Leave a Comment