20.7 C
New York
18/09/2021
Opini

Rumah Kita Adalah Rumah Pancasila

Oleh Agun Gunandjar Sudarsa
Anggota DPR RI 2019-2024

RUMAH kita adalah Rumah Pancasila. Rumah besar yang rupa-rupa penghuninya, beragam agama, suku, budaya, adat-istiadat, bahasa, bahkan perawakan hingga perilaku kebiasaannya. Menjalani hidup, penghidupan dan kehidupan di Rumah Negara sampai ke rumah keluarga.

Dan, masih ada rumah-rumah lain sebagaimana pekerjaan atau kebiasaan seperti Rumah kantor, Rumah usaha, Rumah kampus, Rumah ibadah, Rumah organisasi/perkumpulan, Rumah sewa/kontrakan, atau rumah lainnya.

Tentunya setiap rumah punya aturan-aturan yang berbeda dimana setiap penghuninya terikat. Wajib melaksanakan setiap Hak dan Kewajiban di setiap rumah yang dihuni, mulai dari rumah negara sampai yang terkecil di rumah keluarga.

Marilah kita patuhi dan laksanakan nilai-nilai philosofis dan fundamental negara Pancasila dari yang terkecil di rumah keluarga. Apakah sudah kita laksanakan nilai-nilai Ketuhanan sebagaimana agama yang kita anut, nilai-nilai kemanusian, persatuan, musyawarah dan nilai-nilai Keadilan.
Marilah dalam memperingati hari lahirnya Pancasila 1 Juni 2021 ini, kita laksanakan hak dan kewajiban kita sebagaimana nilai-nilai kelima sila di Rumah Kita. Hidup adalah perjalanan waktu, jalani sebagaimana waktunya dengan hak dan kewajibannya saat itu juga.

Jangan ditunda dan menundanya. Tiada hari tanpa aktivitas untuk selalu beribadah kepada Nya, berkemanusiaan yang adil dan beradab dengan mengedapankan persatuan. Artinya, tidak egois mau bermusyawarah serta berkeadilan dalam setiap perbuatan.

Awali segalanya dengan prestasi/teladan (jempol) guna dapat pengakuan uutuk memerintah (telunjuk), tidak lupa dengan pendekatan/komunikasi vertikal (Tuhan Yang Maha Kuasa) dan horizontal (manusia) sebagaima adanya (jari tengah).

Dengan begitu, In sha Allah ke depan dapat kita raih pendapatan (jari manis) dan akhiri dengan rasa syukur tidak lupa bersedeqah untuk yang kecil (jari kelingking).

Selamat hari lahir pancasila, Mari kita laksanakan nilai2nya dari Rumah terkecil hingga Rumah negara. Tiada hari tanpa aktivitas, #salamsukses5jari. Rumah Cuklik, 31 Mei 2021.

 

Related posts

“Resesi” Supir Angkot, Siapa yang Peduli?

Tety Polmasari

Corono dan Digital Marketing UMKM

Tety Polmasari

TABUR PUJA MEMBAWA BERKAH DI TAHUN POLITIK

Tety Polmasari

Leave a Comment