6.1 C
New York
29/11/2022
Aktual Internasional

36 dari 41 Pimpinan G20 Sudah Mengonfirmasi Kehadiran di KTT Bali 15-16 November 2022

Bos baru aplikasi Twitter yang juga Ceo Tesla Elon Musk akan hadiri KTT G20 Bali secara daring

JAKARTA (Pos Sore) – Pejabat Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Arsjad Rasyid mengungkapkan bos baru aplikasi Twitter yang juga CEO Tesla, Elon Reeve Musk akan bergabung di KTT G20 di Bali, Indonesia secara daring.

Menurut Rasyid seperti dikutip dari CNBC Indonesia, Sabtu (12/11) pengusaha, penemu, dan tokoh bisnis dari Amerika Serikat mengatakan dirinya harus hadir di sana acara G20.

Musk akan berbicara pada acara bisnis yang terkait dengan KTT G20 negara-negara besar. Pemimpin dunia seperti Presiden AS Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping akan hadir secara langsung, sementara Presiden Rusia Vladimir Putin diperkirakan bakal hadir secara virtual.

Ketua Bidang Dukungan Penyelenggaraan Acara G20 Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan tiga kepala negara anggota forum kerja sama multilateral itu tidak dapat menghadiri KTT yang berlangsung pada 15-16 November di Nusa Dua, Bali.

Luhut menyampaikan, dalam konferensi pers di Nusa Dua kemarin kepala negara tersebut adalah Presiden Rusia, Brazil dan Meksiko.

Dalam situs resmi Kementerian Luar Nereri RI disebutkan pemerintah hingga saat ini, telah menerima konfirmasi kehadiran langsung 17 pemimpin G20 pada saat KTT. Total kehadiran para pemimpin, termasuk Presiden RI, adalah 36 orang dari total 41 peserta.

Dari pihak negara G20, Brazil dan Mexico telah menginformasikan bahwa Presiden mereka tidak dapat hadir. Mexico akan diwakili oleh Menlu Mexico, sementara untuk Brazil masih dilakukan komunikasi mengenai bentuk partisipasi Presiden Brazil yang direncanakan secara virtual.

Pada 8 November 2022 kemarin, Kementerian Luar Negeri telah menerima nota diplomatik dari Kedubes Rusia di Jakarta yang menyampaikan bahwa Presiden Putin tidak dapat hadir di Bali (in person).

Dari pihak undangan, Pemerintah Fiji karena tengah menjalani pemilihan umum mengirimkan utusan khusus (special envoy). Di samping itu Presiden Ukraina juga berpartisipasi secara virtual

Menurut situs tersebut kehadiran 18 pemimpin G20 (termasuk Indonesia) ditambah 8 dari 10 negara undangan dan pemimpin 10 Organisasi Internasional merupakan tingkat kehadiran yang sangat tinggi.

Hal ini mencerminkan komitmen bersama untuk pastikan G20 tetap efektif di tengah situasi yang sangat sulit saat ini. (aryo)

 

Leave a Comment