6.1 C
New York
29/11/2022
Aktual

Jokowi: Coblos yang Paling Baik,Rukun Kembali

JAKARTA (Possore) — Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengemukakan, sekarang ini banyak yang lupa bahwa Indonesia adalah negara besar, dengan penduduk hampir 260 juta, untuk terbang dari Aceh sampai Wamena (Papua) dibutuhkan waktu 9 jam 15 menit.

“Itu kalau diukur dari London di Inggris, itu sampai ke Istanbul di Turki. Melewati berapa negara? Mungkin 5 – 6 negara,” kata Presiden Jokowi saat memberikan sambutan pada acara Silaturahim Peserta Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), di Istana Negara, Jakarta, Selasa (28/11) sore.

Oleh sebab itu, lanjut Presiden, sekarang di forum-forum dunia dirinya selalu menyampaikan bahwa Indonesia memiliki 17.000 Pulau, 714 suku, 1.100 lebih dialek bahasa lokal, dan 516 kabupaten/kota.

“Apa yang saya sampaikan ini mengingatkan betul, bahwa kita ini sangat besar, tetapi juga sangat beragam. Perbedaan suku, 714 perbedaan adat istiadat, perbedaan agama,” ujar Kepala Negara.

Kepala Negara mengisahkan, waktu menikahkan anaknya (Kahiyang) kemarin dengan keluarga besar Sumatra Utara, dirinya berpikir di sana hanya ada Horas. Ternyata, kata Kepala Negara, di Sumatra Utara tidak hanya Horas, ada Ahoy, ada Mejuah-juah, ada Juah-juah, ada Ya’ahowu’.

Tapi itu baru satu provinsi, Kepala Negara mengingatkan Indonesia memiliki 516 kabupaten dan kota, memiliki 34 provinsi.

Kepala Negara mengingatkan para peserta Rakornas FKUB untuk mengingatkan kepada rakyat, ingatkan kepada kanan kiri, karena kalau ndak ingat, gara-gara Pilkada, pilihan Bupati, pilihan Wali kota, pilihan Gubernur atau pilihan presiden, Bangsa Indonesia menjadi retak, menjadi pecah.

Presiden mengingatkan, bahwa lima tahun sekali itu kontestasi politik. Karena itu, Presiden meminta disampaikan kepada rakyat juga sama. “Coblos yang paling baik, sudah rukun kembali,” tegas Presiden.

Ia mempertanyakan sikap sebagian masyarakat, meski sudah 3 tahun, 4 tahun masih dibawa-bawa urusan Pilpres, urusan pilihan gubernur, pilihan Bupati dan Wali kota.

Rakornas FKUB itu diiikuti oleh para tokoh dan perwakilan agama Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha, dan Khonghucu, dari tingkat provinsi maupun tingkat kabupaten dan kota, para ketua dan sekretaris FKUB dari 34 provinsi.(lya)

Leave a Comment