6.1 C
New York
29/11/2022
Aktual Gaya Hidup Nasional

Katumbiri Expo 2022, Pelangi Nusantara dalam Ekonomi Masa Kini

JAKARTA (Pos Sore) — Komunitas pecinta dan pegiat produk budaya kreatif Indonesia kembali menggelar Katumbiri Expo 2022 pada 16 – 20 November di Cendrawasih Room, Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta Pusat.

Pameran produk budaya terbesar nusantara ini mengangkat tema “Peran Generasi Muda Menuju Kesetaraan di Era Digital”. Menghadirkan kuliner, seni kejinanan dan musik dalam satu wadah.

Diharapkan melalui tema ini para generasi muda, khususnya para perempuan muda Indonesia dapat terus berinovasi mengeluarkan ide kreatifnya dalam membuat produk untuk membangun ekonomi di era digital sehingga dapat berkontribusi dalam peningkatan kesejahteraan keluarga dan bangsa.

Tema ini juga menekankan bahwa perempuan generasi milenial, harus lebih cerdas, kreatif, namun tetap menjunjung tinggi etika.

Perempuan di era milenial adalah perempuan yang bisa terjun dan menjalani berbagai bidang. Seperti ekonomi, pendidikan, seni, budaya dan lain sebagainya.

Sebelum pameran ini dibuka secara resmi, diadakan fashion show yang menampil beragam busana dari batik hasil karya generasi milenial.

Gelaran yang ke-10 kalinya dihelat oleh Adiwastra Mitra Kinarya (Adirasa Nusantara) ini menggandeng ratusan partisipan dengan ribuan produk terbaik kelas dunia.

Mulai dari handicraft, kreasi muda millenial, batik, tenun, fesyen, perhiasan, herbal/spa/kosmetik, kuliner nusantara, interior, serta olahan makanan dan produk lainnya.

Katumbiri Expo 2022 ini digelar dalam rangka menyambut hari Ibu ke-94. Diharapkan dari pameran ini mampu mendorong perempuan wirausaha untuk dapat mengambil peran dalam pembangunan ekonomi di era digital.

Peran dan sinergi berbagai elemen anak bngsa dan generasi muda yang milenial tampil dalam acara ini guna meraih sukses bersama demi mewujudkan perempuan Indonesia yang tangguh dan siap bersaing dalam ekonomi global.

Dalam perhelatan ini Ketua Perempuan untuk Negeri Yantie Isfandiary Airlangga, yang juga istri dari Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto tampak hadir, didampingi pula oleh Dewi Motik Pramono.

Dikatakan Yantie Isfandiary Airlangga, Katumbiri Expo 2022 ini bertujuan meningkatkan pencitraan terhadap peran perempuan Indonesia dalam kegiatan ekonomi kreatif.

Selain itu, sekaligus juga sebagai upaya dukungan dalam pencapaian kesetaraan gender di Indonesia.

Pameran ini sendiri menjadi cerminan bahwa perempuan mampu memainkan peran ekonomi dan berkontribusi dalam kesejahteraan keluarga.

Diharapkan, kaum perempuan Indonesia dapat menggali kreativitasnya untuk menghadapi dinamika persaingan pasar bebas dewasa ini.

Sebagai informasi Katumbiri itu sendiri berarti pelangi, yang melambangkan keanekaragaman dan keindahan produk budaya Indonesia yang diolah melalui kearifan lokal dan gagasan kreatif serta dilengkapi dengan kandungan teknologi.

Katumbiri Expo pertama kali diadakan pada 2001 yang didukung sepenuhnya oleh Linda Agum Gumelar selaku Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak saat itu,dan diteruskan oleh Yohana Suzanna Yambise, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak periode selanjutnya.

Leave a Comment