6.1 C
New York
29/11/2022
Aktual

Tersedia 24.000 Peluang Kerja Bagi Pekerja Formal

JAKARTA (Pos Sore) — Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dakhiri mengatakan pihaknya terus berupaya meningkatkan jumlah penempatan pekerja formal ke Qatar dan Uni Emirat Arab.

Salah satu langkahnya adalah dengan memetakan kebutuhan pasar kerja formal di kedua Negara tersebut yang bisa diisi oleh pekerja Indonesia terlatih dan tersertifikasi (Tenaga Profesional Indonesia/TPI), terutama sektor konstruksi, jasa perhotelan dan enjinering.

Menaker Hanif mengatakan dalam pertemuannya dengan Menteri Administrasi Pembangunan, Tenaga Kerja dan Sosial Negara Qatar Dr. Eisa Saad A. Al-Naimi, pada tahun 2016 ini, Indonesia diberikan peluang untuk mengisi 24.000 lowongan kerja di berbagai bidang di negara penghasil gas terbesar di dunia itu.

Negara Qatar memang gencar melakukan pembangunan infrastruktur di berbagai bidang seperti industri pengolahan, transportasi, gedung perkantoran , hotel, pelabuhan dan lain-lain. Kebutuhan akan operator, teknisi, manajer dan insinyur sangat tinggi seiring dengan terus meningkatnya pasar kerja setempat.

Oleh karena itu, Hanif mengistruksikan kepada Dirjen Binapenta Hari Sudarmanto untuk menyiapkan data pekerja terampil (TPI) berikut spesialisasinya sesuai dengan kebutuhan pasar kerja Qatar. (hasyim)

Leave a Comment